Selasa, 10 November 2009

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan pendidikan : SMA
Mata pelajaran : Biologi
Kelas / semester : VIII / IV(Genap)
Materi pokok : Fotosintesis
Pertemuan : Ke-1
Alokasi waktu : 1×15 Menit

i. Standar Kompetensi
Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan.
ii. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada tumbuhan hijau.
iii. Indikator
• Menjelaskan definisi fotosintesis secara umum.
• Menjelaskan sejarah dan hal lain yang terkait dengan fotosintesis.
• Menjelaskan proses terjadinya fotosintesis.

I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari bab ini, siswa diharapkan dapat.
• Mengidentifikasi bagian-bagian daun yang berperan dalam proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.
• Melakukan percobaan untuk mengetahui fotosintesis.
• Menyusun laporan hasil percobaan fotosintesis.
• Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis.
II. MATERI PEMBELAJARAN
• Fotosintesis.
III. URAIAN MATERI PEMBELAJARAN
• Sejarah penemuan fotosintesis.
• Proses fotosintesis.
• Bagian daun yang berperan dalam fotosintesis.
• Faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis.
• Pengambilan zat-zat oleh tumbuhan dari lingkungan.
IV. KEGIATAN PEMBELAJARAN
a. Model Pembelajaran: induktif
b. Pendekatan: Ekspositori
c. metode: ceramah plus, diskusi dan Tanya jawab
Fase 1 : Kegiatan awal (5 menit)
• Apersepsi (1 menit)
Guru mengabsen, kemudian bertanya kepada siswa mengenai fotosintesis secara umum.
• Motivasi (1menit)
Guru bertanya mengenai ” sejarah penemuan fotosintesis?”
• Prasyarat (1 menit)
Siswa mampu memahami konsep fotsintesis.
Fase 2 :Kegiatan inti (10 menit)
• Siswa menyimak materi mengenai proses fotosintesis dan mekanisme lain yang terkait.
• Membuka foroum diskusi dan tanya jawab
Fase 3 :Kegiatan inti (2 menit)
• Murid menyimpulkan materi yang dijelaskan
• Menginformasikan materi selanjutnya sebagai bahan ajaran siswa sebelum mempelajari materi di kelas
• Post test (LKS)


V. Alat Dan Sumber Belajar
• alat : White board, spidol berwarna
• Sumber belajar : Buku Biologi untuk SMA kelas VIII karanganIstamar Syamsuri.
VI. Penilaian
a. Lisan
Penilaian ditekankan pada pemahaman siswa terhadap alur maslah yang didiskusikan dan pengetahuan mereka terhadap materi baik pengetahuan yang telah dimiliki maupun pengetahuan baru antara lain:
• Menjelaskan sejarah penemuan fotosintesis.
• Menjelaskan proses fotosintesis.
b. Kegiatan
• Mengamati gambar mengenai fotosintesis.
c. Test
• Pilihan ganda (Terlampir)
• Esay (Terlampir)
INSTRUMEN PENILAIAN
Soal gambar, pilihan ganda dan esay

PROSES PENSKORAN NILAI :
• Mengamati gambar dan menyebutkan preparat 3 gambar setiap gambar diberi skor 5
• Test pilihan ganda 5 soal setiap soal diberi skor 5
• Test esay 2 soal setiap soal diberi skor 10
Bandung, 6 Oktober 2009
Mengetahui,
Kepala SMA Karangnunggal Guru mata pelajaran


Drs. Ahmad Syauri Avis Maulana, S.Pd.
NIP. 150 251 533


















LEMBAR KERJA SISWA

A. Gambar
1. 6CO2 ¬¬+ 6H¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬2O C6H12O6 + 6O2
2. 2H2O 2H2 + O2
Pada gambar reaksi di atas, nomor 1 menunjukkan reaksi. . . . . . . . .dan nomor 2 menunjukkan reksi. . . . . . . . . . . . .?

B. Pilihan Ganda
3.Pada fotosintesis, cahaya terlibat langsung pada proses. . . . .?
a. Pembentukan karbohidrat
b. Pemecahan molekul air
c. Pembentukan molekul glukosa
d. Penggabungan hidrogen dan karbondioksida
4.Selain O2 dan CO2 tumbuhan juga membutuhkan unsur seperti natrium dan kalium, kedua unsur ini diangkut dengan cara. . . . ?
a. Difusi
b. Osmosis
c. Transfor aktif
d. Plasmolisis
C. Essay
5.Jelaskan tahapan reaksi terang dan reaksi gelap dalam proses fotosintesis. . .. . .?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar